Eko Adri Wahyudiono

Saya hanyalah seorang guru biasa. Jika bukan pengajar pastilah pendidik dalam tugasnya. Bisa jadi adalah keduanya. Namun, jika bukan keduanyapun, saya pastilah ...

Selengkapnya
Navigasi Web
SEHARI, MENJADI MAHASISWA PROGRAM DOKTORAL FAKULTAS PERIKANAN DI UNIVERSITAS NAGASAKI
dokpri

SEHARI, MENJADI MAHASISWA PROGRAM DOKTORAL FAKULTAS PERIKANAN DI UNIVERSITAS NAGASAKI

SEHARI, MENJADI MAHASISWA PROGRAM DOKTORAL FAKULTAS PERIKANAN DI UNIVERSITAS NAGASAKI

Oleh : E.A.Wahyudiono

Sungguh tidak menyangka sama sekali, bahkan membayangkan saja tidak pernah terlintas di dalam pikiran ini jika saya dipaksa menjadi salah satu mahasiswa Program Doktoral di fakultas perikanan di Universitas Nagasaki, Jepang pada awal musim panas di tahun 2000.

Seperti biasanya, setelah perkuliahan saya usai pada kelas seminar di fakultas pendidikan (kyoiku gakubu) di ChoDai, yaitu nama lain dari Universitas Nagasaki, dengan tidak membuang waktu, saya segera menuju ke fakultas perikanan untuk menemui senpai (senior) saya.

Mereka adalah Yusli Wardiatno San, Bambang San, Abdul Jabarsyah Ibrahim San, Dharmayugo Hermansyah San dan Hinekke san. Mereka semua adalah senior saya yang saat ini rata –rata sudah bergelar Profesor dengan memegang jabatan strategis di berbagai kementerian dan universitas di Indonesia.

Pintu utama masuk ke dalam gedung fakultas perikanan berlantai 4 itu tidak bisa dimasuki oleh mereka yang bukan mahasiswa jurusan perikanan. Saya, meskipun jurusan pendidikan, bisa masuk karena sudah diberi kode nomor pintu oleh Yusli San (Saat ini, Prof. DR.Yusli Wardiatno, M.Sc, dan menjadi dosen di IPB, Bogor). Karena tahu angka kombinasi pintunya, secara otomatis saya leluasa untuk bisa berkunjung di gedung fakultas perikanan itu.

Pada hari Kamis siang, setelah saya masuk lobi utama di fakultas perikanan (Suisan Gakubu), suasana saat itu agak berbeda daripada hari biasanya. Semua nampak lengang, sepi dan hening. Saya tidak menjumpai satu pun mahasiswa atau mahasiswi yang sedang melakukan perkuliahan, riset ataupun praktikum.

Hal itu di luar kebiasaan sehari-hari. Saya hafal karena saya hampir tiap hari berkunjung ke fakultas perikanan yang lokasinya dekat dengan fakultas pendidikan.” Semua pergi kemana ya?” Itulah yang selalu saya pikirkan selama masuk ruangan demi ruangan. Saya berkeinginan untuk mengirim pesan lewat SMS ( short message service) dari gawai saya ke Pak Yusli, akan tetapi saya urungkan karena takut mengganggu jika ternyata beliau ada kelas dengan Profesornya.

Saat sedang keheranan karena tidak menemukan satu pun mahasiswa asing atau Jepang yang ada di situ, tiba-tiba, saya dikejutkan oleh salah satu dosen jurusan perikanan yang memanggil saya. Saya pun memenuhi panggilan beliau yang melambaikan tangannya ke arah saya tadi. Betapa kagetnya saya saat saya baru menyampaikan salam ke beliau. “ Konnichiwa, Sensei !” (Selamat siang, Pak!).

Tanpa membalas sapaan saya, tas yang berisi buku perkuliahan di tangan, diambil paksa oleh beliau. Saya pun sedikit takut dan bertanya-tanya dalam hati. “Komattana!” (Waduh, saya dapat masalah nih). Belum juga saya bicara apa-apa atau menjelaskan, beliau sudah berkata dengan nada keras seperti orang yang sedang marah,” Kimi wa nande yoku benkyou suru bakari..nani kore ?, Ima, anata no tomodachi, minna asoko de suisan gakubu no ryugakusei no wa party ga arimasu!, minna matte iru yo ! ike !” (Kamu ini kenapa selalu belajar melulu seperti ini , apa ini ?, Kamu tahu, sekarang semua teman-temanmu dan semua mahasiswa asing sedang mengadakan pesta di sana, semua orang menunggu tuh, ayo, pergi sana!).

Beliau berkata seperti itu dan langsung menggandeng tangan saya ke belakang gedung fakultas perikanan. Ternyata semua senior saya yang saya sebutkan juga mahasiswa asing serta Jepang sedang pesta barbeque di sana. Daripada saya menjelaskan ke dosen itu malah jadi masalah, akhirnya, saya pun diam dan memilih untuk ikut berpesta.

Saat hal itu saya ceritakan, semua para senior di fakultas perikanan yang dari Indonesia tertawa semua. Pak Bambang menambahi," Sesekali jadi mahasiswa program doktor di fakultas perikanan, nggak papa lah!, dosennya gak hafal kok !", sambil tersenyum ke arah saya

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mau memberi komentar saja mesti scrool jauh. Keren Pakde.

07 Jun
Balas

Selalu mujur Pak....Alhamdulillaah

07 Jun
Balas

Keren ceritanya pak...bingung nyari teman, eeee malah disuruh pesta...Alhamdulillah.

07 Jun
Balas

Pak Eko pengalamannya banyak, bs dijadikan brp buku nih pak?

07 Jun
Balas

Hebatnya, Prof. Eko. Selalu menarik tulisannya.

07 Jun
Balas

Hebatnya, Prof. Eko. Selalu menarik tulisannya.

07 Jun
Balas

Hebatnya, Prof. Eko. Selalu menarik tulisannya.

07 Jun
Balas

Hebatnya, Prof. Eko. Selalu menarik tulisannya.

07 Jun
Balas

Hebatnya, Prof. Eko. Selalu menarik tulisannya.

07 Jun
Balas

Pak Eko, gudangnya pengalaman. Luar biasa...., mungkin sama juga seperti guru ada yang lupa dengan siswanya...

07 Jun
Balas

Pak Eko, gudangnya pengalaman. Luar biasa...., mungkin sama juga seperti guru ada yang lupa dengan siswanya...

07 Jun
Balas

Pak Eko, gudangnya pengalaman. Luar biasa...., mungkin sama juga seperti guru ada yang lupa dengan siswanya...

07 Jun
Balas

Selalu ada kisah yang terkenang kembali ya Pak Eko. Oh ya, yang berdiri kiri-kanan di foto itu sepertinya agak mirip ya. Salam

07 Jun
Balas

MasyaAlloh, senangnya mendapat nikmat yang luar biasa bisa belajar di Jepang

07 Jun
Balas

Selalu sj ada pengalaman menarik yg bs di baca dr tulisan bpk ketika bljr di negeri org, salut deh...

07 Jun
Balas

Pengalaman yg luar biasa. Salam sukses

07 Jun
Balas

hahaha .... lupa jadwal atau gak dikabarkan ada pesta, pak?

07 Jun
Balas

Nggak diberi kabar nih, ..tahu-tahu ada pesta..hadeeh, saya kira, saya dimarahi, he..he., salam ya..trimakasih apresiasinya

07 Jun

Selalu berhasil tambah pengalaman di mana pun berada. Pengalaman Bapak memang luar biasa! Jadi ingat, Paksu sering nungguin saya kuliah sambil masuk di kelas. Eh, ternyata dosennya temen paksu

07 Jun
Balas

Ternyata pengalaman bapak diluar banyak ya..saya ikut menikmati pengalaman Bapak lewat tulisan di gurusiana..kere..salam

07 Jun
Balas

hahahhahaha amazing.... itu sehari saja pengalamannya segitu, apalagi jadi mahasiswa program diktor beneren.....Luar Biasa ! My hat-off !Salam

07 Jun
Balas

Selalu the best pengalamannya..mantap

07 Jun
Balas

Keren pak eko pengalaman yang tidak terlupakan

07 Jun
Balas

keren memang pak de satu ini..mau jadi mahasiswa apapun sepertinya bisa ini... mantap seperti biasanya..

07 Jun
Balas

Selalu saja salah masuk dan salah ruangan. Cerita yang menarikkk

07 Jun
Balas

Sungguh, sebuah pengalaman yang luar biasa. Salam.

07 Jun
Balas

Banyak pengalaman Bpk yg inspiratif. Sukses selalu ya Pak...salam literasi.

07 Jun
Balas

Keren Pak Eko. Selalu berbagi pengalaman yang menyenangkan...salam.

07 Jun
Balas

Betul tu kadang dosen tak kenal dengan mahasiswanya, alhasil senang dong. Mantap Pak.

07 Jun
Balas

Cerita pengalaman terus ya Pak, biar tambah pengalaman yang baca

07 Jun
Balas

selalu menginspirasi

07 Jun
Balas

Pengalaman-pengalaman Pak Eko banyak yang berkesan. Jadi buku akan keren banget Terus menulis dan menjadi inspirasi kami. Salam hormat. Matur nuwun.

07 Jun
Balas

Good experience...

07 Jun
Balas

Good experience...

07 Jun
Balas

Good experience...

07 Jun
Balas

Good experience...

07 Jun
Balas

Good experience... Salut

07 Jun
Balas

Good experience... Salut

07 Jun
Balas

Alhamdulillah, Jepang ... Jepang...!? Kebayang 19.....

07 Jun
Balas

Untungnya bukan ketemu orang jahat, malah disuruh ikut pesta wow...

07 Jun
Balas

Hahaha....lucu tapi menyenangkan ya pak dan pasti mnjadi kenangan yang tak terlupakan. Oya pak...kok saya ndak bisa follow ya, setiap hari dicoba gagal aja.

07 Jun
Balas

Sungguh pengalaman yang luar biasa ya pak. Mantap.

07 Jun
Balas

Hahaha. Keren pak. Pesta, party juga ya pak

07 Jun
Balas

Kejutan yang menyenangkan.

07 Jun
Balas

Bapak ini hidupnya penuh keberuntungan, keceriaan, dan kebahagiaan ya. Alhamdulillah. Jadi nular deh aura positifnya sama yang baca artikel Bapak. Jadi ikut optimis, bahagia, dan ceria. Hehe. Salam hormat dan kagum selalu, Bapak

07 Jun
Balas

Barokallah..

07 Jun
Balas

Barokallah..

07 Jun
Balas

Pengalaman yang sangat berkesan dan pasti tidak akan terlupakan.... Keren, pak.

07 Jun
Balas

Luar biasa, penyusupan yang menyenangkan, sukses Pak..

07 Jun
Balas

Tahun 2000 sy masih SMA, Pak Eko sudah melanglang buana... Hebat Pak..

07 Jun
Balas

ha..ha., saya sudah kuliah di Jepang saat itutuh he..he..

07 Jun

Lumayan dapat jatah

07 Jun
Balas

Keberuntangan yg tanpa d duga, ibarat dapat durian runtuh. Mantap pak eko. Walau sehari pasti menyenangkan sekali..salam

07 Jun
Balas

Wah...pengalaman yg menyenangkan pak...malah bisa ikut pesta barbeque lagi...

07 Jun
Balas

Mantap Prof Eko AW. Buku ke berapa ini Prof. Baarokallah. Aamiin

07 Jun
Balas

Haha... . Pengalaman luar biasa ini pak.

07 Jun
Balas

Pengalamannya keren sekali pak

07 Jun
Balas

Masya Allah, terimakasih sudah diajak bernostalgia saat kuliah di Jepang. Sukses n sehat selalu ya pak. Barokallah

07 Jun
Balas

Selalu ada cerita yg menarik dari pak Eko ini

07 Jun
Balas

Saya baru ingat pernah kuliah di ITB 4 SKS hee niat mau menemui teman tapi Pak Dosen memaksa masuk kelasJazakallohu khairan katsiran untuk senyum hari ini, selalu TOP karya Pak InspiratorSemangat terus menginspirasiBarokallohu

07 Jun
Balas

Pengalaman yang luar biasa, yang pasti tak terlupakan

07 Jun
Balas

Rejeki jangan ditolak pak,,ya itu nama nya mujur.

07 Jun
Balas

Rezeki anak solih...

07 Jun
Balas

MasyaAllah, Keren prof.. Pengalaman yang luaf biasa.. Selalu menunggu artikel jenenganSalam hormat

07 Jun
Balas

Asyik juga kisahnya.

07 Jun
Balas

Bingung yang membawa untung ya Pak. Hehehe....

07 Jun
Balas

Betul bu..bingung, saya kira saya dimarahi he..he..ternyata diajak makan makan di pesta

07 Jun

Wah, sudah sampai ke Jepang.Pengalaman yang indah dan tak terlupakan. .

08 Jun
Balas

Hehehhe..asyik kenangannya.salut deh

07 Jun
Balas

akan dijadikan kenangan terindah dalam hidup ya pak (Lagu Samson)

07 Jun
Balas

Betul sekali, terutama yg mengejutkan itu..salam

07 Jun

makin keren, inspiratif, dan semoga tulisan ini bermanfaat untuk banyak orang.

07 Jun
Balas

Keren pak Eko selalu menginspirasi dan unik.

07 Jun
Balas

Casingnya dah pantas pak Eko....Doktor Eko...haha...seneng baca cerita 2 uniknya.

07 Jun
Balas

Masyaallah pengalaman menuntut ilmu yang sangat berkesan

07 Jun
Balas

Oalah tobil anak kadal..... ono Ono wae pengalaman yang tak terlupakan.tetap semangat dan selalu menginspirasi. apapun mengalir menjadi sebuah tulisan yang bermakna dan memotivasi luar biasa

07 Jun
Balas

Wah..wah.. Keren Pak Eko. Sebuah kenangan yg sangat berkesan dan tak kan pernah terlupakan. Salam Pak Eko. "konban wa, oyasuminasai", hehe

07 Jun
Balas

Ha..ha.., sangat berkesan sekali..wah bisa bahasa jepang nih..arigatou, sensei..oyasumi nasai

07 Jun

Sungguh beruntung pak dapat party... Gimana kalo kuliahnya ya...

07 Jun
Balas

Alhamdulillah, sukses selalu buat Bapak.Salam hormat.

07 Jun
Balas

Alhamdulillah, sukses selalu buat Bapak.Salam hormat.

07 Jun
Balas

Asyiiiikk, kuliah di Fakultas Perikinan meskipun hanya sehari. Salam Pak.

07 Jun
Balas

Alhamdulillah dari cerita Bapak sebelumnya Allah selalu memberikan keberuntungan yang luar biasa menyertai kerja keras Bapak.. Menarik sekali ceritanya ...jadi terus penasaran dengan cerita lainnya.. Sukses dan sehat selalu

07 Jun
Balas

Kisahnya selalu menarik

07 Jun
Balas

Keren banget pengalaman Pak Eko, Iri saya he...Selamat ya. Tulis terus pengalamannya ya, saya termotivasi...Salam

07 Jun
Balas

Alhamdulillah rezeki tak kemana psk sukses selalu pak

07 Jun
Balas

KEREN PAK SUKSES SELALU

07 Jun
Balas

Sudah dari Sononya ya Pak....selalu istimewa... berkah.... Salam.

07 Jun
Balas

Ha ha ... Wah Pa Eko ketinggalan dong pestanya

07 Jun
Balas

Alhamdulillah..keren kisahnya

07 Jun
Balas

hehe..trksh telah berbagi pengalaman pak..salam literasi

07 Jun
Balas

Pengalaman yang seru. Kemujuran di negeri orang

07 Jun
Balas

Inspiratif sekali pak.sukses selalu

08 Jun
Balas

Alhamdulillah ya Pak, bisa mengenyam pendidikan di Jepang. Mantull

07 Jun
Balas

Alhamdulillah, selalu saya syukuri selalu..terimakasih apresiasinya ya..salam

07 Jun

Luar biasa ya pak eko ini

07 Jun
Balas

Pak Eko jumlah weton berapa sih...hoki terus. Hehe.. Tapi tulisannya tetep luar biasahh

08 Jun
Balas



search

New Post