Eko Adri Wahyudiono

Saya hanyalah seorang guru biasa. Jika bukan pengajar pastilah pendidik dalam tugasnya. Bisa jadi adalah keduanya. Namun, jika bukan keduanyapun, saya pastilah ...

Selengkapnya
Navigasi Web
BEDANYA MODEL, GAYA DAN CARA BELAJAR YANG EFEKTIF UNTUK ANAK DIDIK KITA

BEDANYA MODEL, GAYA DAN CARA BELAJAR YANG EFEKTIF UNTUK ANAK DIDIK KITA

BEDANYA MODEL, GAYA DAN CARA BELAJAR YANG EFEKTIF UNTUK ANAK DIDIK KITA

Oleh : E.A.Wahyudiono

Saya sering mendapat pertanyaan yang membingungkan dari para guru dan diminta untuk menjelaskan apa sih bedanya gaya, model dan cara belajar anak didik itu?. Hal yang aneh juga karena materi itu pastilah sudah pernah dipelajari selama bapak dan ibu guru berstatus mahasiswa atau mahasiswi saat duduk di bangku perkuliahan di Fakultas Keguruan.

Mungkin dikarenakan sekian lama bekerja sebagai guru dan mengajar dan banyak faktor lainnya, kita menjadi rancu dalam memahami perbedaan itu semua. Untuk itu, dalam artikel ini, tidak ada salahnya bagi kita untuk me-refresh lagi untuk berdiskusi tentang materi itu. Sehingga, apabila ada pertanyaan, kita sebagai guru bisa menjelaskan minimal kepada anak didik kita juga atau anak kita sendiri.

Apa sih model belajar dan pembelajaran itu ?

Dari referensi yang terdapat dalam id.wikipedia.org, Model pembelajaran adalah seluruh rangkaian penyajian materi ajar yang meliputi segala aspek sebelum sedang dan sesudah pembelajaran yang dilakukan guru serta segala fasilitas yang terkait yang digunakan secara langsung atau tidak langsung dalam proses belajar mengajar.

Saat bapak ibu guru mengajar di kelas, pastilah akan memilih dan memilah, model pembelajaran apa yang tepat untuk diberikan dalam proses belajar anak didik. Banyak aspek yang harus dijadikan bahan pertimbangan menurut materi dan bahan ajar, tingkat kesulitan materi, jenis mata pelajaran dan durasi waktu pelajaran serta kemampuan anak didik kita di dalam kelas. Nah, saat bapak dan ibu guru memutuskan satu model pembelajaran yang dipilih, saat itulah kita sebut Metode mengajar di dalam kelas.

Sebagai gambaran, jika bapak ibu guru pernah mengajar dengan Jigsaw, Scramble, Role playing, Kooperatif learning, Mind mapping, Problem solving dan masih banyak lagi yang semua bisa lebih dari 65 model belajar untuk mengajar anak didik. Jumlah itu bisa lebih jika bapak dan ibu guru juga bisa menemukan atau membuat model belajar sendiri , misalnya istilah PAKEMI ( Pengajaran Aktif Kreatif Enak Menyenangkan dan Inovatif ). Sebenarnya, semua metode itu sudah banyak diterangkan oleh rekan kita ibu Min Hermina dari bandung dalam banyak artikelnya di blog gurusiana.id.

Selanjutnya, tinggal bapak dan ibu guru mengingat kembali, anda mengajar memakai metode apa? Jangan jangan hanya ceramah seperti saya nih. Sesekali, anda coba untuk memberi kesempatan pada anak didik anda untuk mengajar di kelas meskipun secara berkelompok dan itu ternyata mengasyikkan lho.

Selanjutnya, apa yang dimaksud dengan gaya belajar ?

Gaya belajar sesuai yang dijelaskan dalam kajianpustaka.com, adalah cara yang lebih kita (Murid) sukai dalam melakukan kegiatan berfikir, memproses dan mengerti suatu informasi (Gunawan, 2006: 139). Dari definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa gaya belajar adalah ciri khas yang dimiliki oleh setiap orang (Murid) dalam memberikan respon terhadap pembelajaran yang diterimanya.

Dalam gaya belajar anak didik, jika bapak ibu masih ingat dibagi menjadi 3 tipe, yaitu Visual, Audiotori dan Kinestetik. Nah, apa itu gaya belajar anak didik Visual ? ,Mereka yang mempunyai kecerdasan visual ini umumnya senang belajar di kelas dengan mengamati. Daya ingat anak didik kita akan kuat dan mudah paham cukup dengan melihat di saat gurunya menjelaskan dan menuliskan materi pelajaran di papan tulis tentang sistim kerja jantung pada mata pelajaran Biologi sebagai misal. Anak didik dengan tipe visual tersebut dengan mudahnya akan dapat mengingat dan memahami materi yang dijelaskan itu.

Sedangkan murid yang mempunyai gaya belajar Audiotori, Penguasaan materi yang diajarkan untuk mereka banyak diperoleh hanya dengan mendengarkan. Bisa jadi saat anda menemukan anak berbicara sendiri di kelas atau tertidur, sesungguhnya mereka itu mendengarkan penjelasan anda sebagai guru. Saat guru merasa jengkel, dan menyuruh anak tersebut untuk menjawab atau mengerjakan soal, mungkin juga mereka mampu dan benar dalam mengerjakannya. Guru mungkin bingung dengan fenomena itu. Nah itulah gaya belajar siswa dengan tipe Audiotori.

Untuk tipe Kinestetik. Bisa anda tebak. Anak didik kita ini akan mampu menguasai materi jika banyak praktik,. Pada umumnya mereka akan sulit dijelaskan secara teori. Misalnya mata pelajaran komputer, olahraga, Praktik IPA di laboratorium, musik dan lain sebagainya.

Namun demikian, sebagai guru, kita juga dituntut untuk mengetahui bahwa sebenarnya anak didik kita ini mempunyai kecerdasan ganda atau majemuk. Kalau gaya belajar di atas disebutkan ada 3, saat ini justru sedang ramai dibicarakan kecerdasan ganda pada anak didik kita. Anak yang pandai matematika namun sekaligus olahraga dan bahasa serta musik. Coba bapak ibu guru amati, ada apa tidak tipe ini di kelas kita ? Teori itu dikembangkan oleh Howard Gardner, seorang psikolog dari Amerika, dimana anak cerdas yang mempunyai dua atau tiga tipe gaya belajar sekaligus. Bahkan Gardner menjelaskan ada lebih dari 7 jenis kecerdasan untuk diketahui oleh bapak dan ibu guru dalam mengenali kecerdasan anak didiknya

Yang terakhir, apakah cara belajar siswa itu ?

Untuk cara belajar, sebenarnya adalah perilaku individu siswa yang lebih khusus berkaitan dengan usaha yang sedang atau sudah biasa dilakukan oleh siswa untuk memperoleh ilmu pengetahuan (idtesis.com.)

Cara belajar anak didik kita dalam menguasai materi pelajaran tergantung pada situasi dan kondisi serta lokasi saat mereka sedang belajar. Setiap individu murid dalam upayanya menguasai materi itu berbeda satu dengan yang lainnya.

Coba anda amati, ada murid yang pandai dan belajarnya sangat efektif saat dia belajar di kamar dengan music diiringi rock, atau klasik. Juga sebaliknya, ada yang suasananya harus hening karena jika ada suara bising, dia tidak bisa berkonsentrasi dalam proses belajarnya. Tipe anak seperti itu, biasanya memilih waktu belajar saat setelah sholat subuh. Yang aneh adalah belajar dengan bermain gawai (HP), sekaligus menonton film di televisi tapi materi pelajaran malah dikuasainya.

Ada anak didik dalam cara belajarnya sering belajar harus dengan kelompoknya Jika belajar secara individu, mereka cenderung kurang mampu menguasai materi. Oleh karena itu, kita sebagai guru ,orang tua murid, juga sebagai anak didik itu sendiri diminta untuk mengenali dan memahami cara belajar apa dan bagaimana yang efektif untuk mereka sendiri.

Salam Literasi Belajar

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Model_pembelajaran

https://www.kajianpustaka.com › Pendidikan

https://id.wikipedia.org/wiki/Howard_Gardner

https://idtesis.com/pengertian-cara-belajar-menurut-para-ahli/

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah matur nuwun pak Eko ilmunya

07 Apr
Balas

Sama sama bu, semoga bermanfaat..salam

07 Apr

Terima kasih artikelnya , Pak Eko.

07 Apr
Balas

sama bu,.semoga bermanfaat utk saya jg yg sdh tua ini ha..ha., salam

07 Apr

Ada banyak istilah yang akhirnya sering membuat bingung, ada teknik, ada metode, ada strategi, ada model. Saya lebih sering kombinasi.... Pak.

07 Apr
Balas

Beytul sekali, sekarang malah jd rancu he..he., ayo direfresh lagi bu..saya jg nih..salam

07 Apr

Terima kasih artikelnya Pak Eko Adri Wahyudiono. Merdeka belajar dan merdeka mengajar?Semoga negeri tercinta ini segera terbebas dari virus corona hingga semua kembali seperti sediakala. Barakallah Pak Eko.

07 Apr
Balas

Iya bu semoga demikian..kasihan saat ini, semua harus daring dr rumah dgn segala permasalahannya..salam hormat

07 Apr

Terima kasih bpk, sdh diingatkan kembali, terutama utk mengamati gaya bljr ank kdg terlewati,...Klo metode ceramah sesekali msh diperlukan jg, hehehe...

07 Apr
Balas

ha..ha., saya iya bu..ceramah thok isinya...salam bu

07 Apr

Makasih ilmunya pak, kereen mengingatkan kembali, sukses selalu

07 Apr
Balas

Sama sama bu..saya jg harus belajar lagi nih..salam

07 Apr

Terima kasih pak pencerahannya, memang terkadang masih rancu untuk membedakan ketiganya

07 Apr
Balas

Sama sama,..memang rancu jk tdk paham bedanya..salam

07 Apr

Alhamdulillah. Di usia senja yang sudah tinggal beberapa tahun lagi menuju pensiun, rasanya pikiran kembali segar mendapat refresh ilmu seperti ini. Singkat namun jelas. Ternyata, terasa betul, refresh itu sangat membantu dan pasti bermanfaat. Terima kasih, Pak!

07 Apr
Balas

saya jg nunggu pensiun ha..ha..tapi harus belajar lagi..merefresh lagi ttg materi itu he..he..trimakasih apresiasinya bu semoga bermanfaat kita kita semua..salam hormat

07 Apr

Guru dan murid harus sehati agar pembelajaran ok.. Ya Pak

08 Apr
Balas

Iya dong bu he..he.., jika tidak, sulit strategi belajar mengajarnyanya tidak mengena dan penguasaan materi tidak maksimal..salam

08 Apr

Muuaaanttaap

07 Apr
Balas

matorsakalangkong

07 Apr

Alhamdullilah ingatanku pulih kembali ternyata didalam model pembelajaran terdapat metode pembelajaran. Walau teori ini belajari dari tahun 1988 tetapi lupa terus.Terima kasih

07 Apr
Balas

Ha..ha., wuiih lama banget tuh he..he.., xaya masih kuliah saat itu he..he..

07 Apr

Keren artikelnya pak membahas tuntas perbedaan metode, model pembelajaran dan tekniknya. Secera keseluruhan mgkn dpt disimpulkan model pembelajaran lebih luas cakupannya karena di dalamnya ada metode pembelajaran.Hanya memang jujur kadang kita lebih memakai model pembelajaran kondisional yang kita ciptakan sendiri diluar RPP yg sudah dibuat hehhehee pisss

07 Apr
Balas

Sebetulnya, jika kita berikan penjelasan yg runtut, artikel ini bisa panjang, lebar dan luas, namun hanya sedikit, sekaligus saya berikan refensinya biar dibaca sendiri sambil merfresh materi itu..semua jd bingung tenyang perbedaan itu..jika membuat metode mengajar sendiri juga diperbolehkan, biasanya justru saat ada tes guru prestasi semuanya jd kreatif..boleh aja bu.itu sah sah juga kok..salam hormat

07 Apr

Keren sekali tulisannya pak. Mengupas hal yang sering kita lakukan. Namun. Terkadang menyebutkannya sering terbalik. Terima kasih atas tulisannya. Salam.

07 Apr
Balas

Iya bu..sekarang jd tahu setelah merefreshnya he..he., salam hoirmat

07 Apr

Terimakasih Pak Eko sudah diingatkan kembali. Teringat pas buat PTK, buat model sendiri

07 Apr
Balas

Sama sama bu..guru penggerak sejati, langsung ke PTK..ha..ha..

07 Apr

Terima kasih ilmunya. Barakallah.

07 Apr
Balas

Sama sama bu..salam

07 Apr

Tulisan Bapak selalu enak dibaca... Makasih Pencerahannya pak..

07 Apr
Balas

Trimakasih apresiasinya bu Nelli..salam

08 Apr

Bagus sekali pemaparannya, Mas. Sangat sistematika dan asyik untuk dibaca

07 Apr
Balas

Trimakasih apresiasinya pak Martin....salam hormat

07 Apr

Saya banget ini, kadang lupa membedakan. Salam

07 Apr
Balas

Tenang, saya juga bu,..maklum ,sudah usia ha..ha., salam

07 Apr

Masyaa allah,, saya refreshing lagi baca tulisan bapak, trima kasih sudh sudh diingatkan lagi pak..

07 Apr
Balas

Saya yg kuliah daring nih he..he., sedang butuh karena sudah tua he..he..

07 Apr

Sering keluar di soal2 misalnya SKB

07 Apr
Balas

Alhamdulillah, .iya bu..he.he., bermanfaat bagi yang lulus tes tahap 3 tuh

07 Apr

Alhamdulilah. dengan membaca artikel ini dapat mengingat kembali ilmu ilmu tersebut

07 Apr
Balas

Alhamdulillah, saya juga bu..jd semangat lagi..salam

07 Apr

ilmu mas ku iki memang keren tenan, barakallah

07 Apr
Balas

ha..ha.., bisa saja,..cuman mbuka buka buku dan referensi lagi nih..sudah banyak yg lupa..he..he.., salam

07 Apr

Terima kasih ilmunya Bapak Prof. Eko AW. Baarokallaah. Aamiin

07 Apr
Balas

Sama sama Prof,..saya juga harus belajar lagi nih..ammpunn banget..salam

07 Apr

Alhamdulillah.... Artikel yang penuh manfaat lagi ini, dikupas habis beda model, gaya dan cara belajar siswa. Terimakasih pak Eko. Yang

07 Apr
Balas

Alhamdulillah, hanya kajian pustaka saja bu..saya harus belajar lagi nih

07 Apr

Masya Allah, serasa sedang kuliah tatap muka dengan panjenengan pak Terimakasih sudah berbagi ilmu. Semoga menjadi tambahan catatan amal shalih bagi panjenengan. Sukses, sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta. Barokallah.

07 Apr
Balas

Ha..ha., bisa saja ibu ini..kayak kuliah lagi..boleh juga tuh istilahnya he..he., salam hoirmat

07 Apr

Keren pak.. Jujur sdh lupa dg 65 model belajar. Refersh biasanya saat mgmp, pelatihan, atau seminar hny bbrp model.Syukron share ilmunya.

07 Apr
Balas

Iya bu, ada 65 model pembelajaran, tinggal yg saya ingat adalah ceramah he..he., sudah tua bu..salam

07 Apr

Meskipun banyak istilah tetapi mempunyai tempat dan porsi sendiri-sendiri tanpa tumpang tindih dengan lainnya. Artikel full gizi Pak.

07 Apr
Balas

Trimakasih apresiasinya ya..begitulah,..semoga bermanfaat..salam

07 Apr

Jadi ingat Daring Guru Pembelajaran semasa P Anis B, maksih mengingatkan kmbali.. Pakar Pendidikan jan. Barakallah..

07 Apr
Balas

Ha..ha., jangan pakar bu..itu kajian litrasi pustaka saja kok, dijadikan satu inti perbedaannya...salam

07 Apr

Mantul pak Eko, sungguh banyak ilmu yang kami dapat dari artikel keren ini, sukses sll ya pak

07 Apr
Balas

Trimakasih apresiasinya bunda..semoga ada manfaatnya dalam ajang diskusi utk anak didik..salam hormat

22 Apr

Terimakasih telah mengingatkan kembali, pak. Artikel yang keren dan sangat bermanfaat. Sehat selalu, bapak...

07 Apr
Balas

Trimakasih bu..iya, harus saling mengingatkan nih..salam hormat

07 Apr

Serasa bernostalgia...Terimakasih, Pak. Salam sehat dan sukses selalu. Di rumah aja!

07 Apr
Balas

Ha..ha., nostalgia dengan materi kuliah pembelajaran ha..ha., salam

07 Apr

Jadi teringat saat ikut seleksi guru berprestasi. Saya presentasikan model belajar sendiri yaitu Petik Bintang. Asyiiiik...

07 Apr
Balas

Itu boleh bu..wah tolong diulas dlm artikel ibu, apa petik bintang itu he..he., salam

07 Apr

Artinya: sulaplah lokal itu menurut versi kita sendiri. Mengenai ramuan dan apa yang akan dibuat sdh tertuang dlm RPP. Lalu bagaimana tujuan tercapai itu tergantung cara kita mau diapakan kapal yg berlayar selama bbrp jam dgn kita. Bagaimanapun kita nahkodanya. Nahkoda yang tidak temperamen, emosional, tetapi memiliki ambisi mengantarkna penumpang pd tujuan pddknya. Tapi jangan Ambisius... Gawat nanti. Hehhehe salam hormat

07 Apr
Balas

itu saya buanget,.ternyata anda juga ya..analogi atau pengibaratannya tulisan anda keren habis deh..he..he., salam hormat

07 Apr

I like your style in writing...and i am just be lazy learner..

07 Apr

Memang benar Pak, Kondisi siswa tidak sama. pandai-pandailah guru memilih strategi pembelajaran, tentunya terlebih dahulu melakukan pendekatan memikirkan bagaimana caaranya supaya siswa bisa menerima materi ajar dengan baik, siip ulasannya Pak..salam litersi

07 Apr
Balas

Betul,..guru harus pandai pandai mengenali anak didik, jd tinggal memilih mana yg tepat utk mereka..salam

07 Apr

Rasanya. Butuh juga merefresh materi seperti iu lagi. Terkadang lupa dengan kondisi siswa yg memiliki cara belajar bermacam-macam

07 Apr
Balas

Rasanya. Butuh juga merefresh materi seperti iu lagi. Terkadang lupa dengan kondisi siswa yg memiliki cara belajar bermacam-macam

07 Apr
Balas

Betul bu..saling merfresh satu sama lain sesama guru di group ini..salam hormat ya

07 Apr

Aduuu hrs scrooll ke bawahnya puuuanjang kli mo komentar ttg tulisanya Pak Boss.... 65 model. 7 kecerdasa, dan 3 gaya blj...tambah mumet... atu atu dulu aja ya kli...Terus menginspirasi Bapskku

08 Apr
Balas

Wah..bc tulisan bpk, jd seperti ikut kuliah lg. Lengkap isinya. Materi model, gaya dan cara belajar efektif di rpl bk di semester genap kls 8 sy layankan. Tksh..Slm sht

07 Apr
Balas

Wah..bc tulisan bpk, jd seperti ikut kuliah lg. Lengkap isinya. Materi model, gaya dan cara belajar efektif di rpl bk di semester genap kls 8 sy layankan. Tksh..Slm sht

07 Apr
Balas

Ha..ha., bisa aja...kayak kuliah daring ya..he..je., salam deh

07 Apr

Sangat menginspirasi, seneng kalau baca yang sudah pakar menulis ini, idenya kreatif dan inovatif. Barakallah pak

07 Apr
Balas

jiyaah, kok ada pakar segala, ha..ha. guru biasa sajalah..lagi sedang belajarlagi..ha..ha.., salam

07 Apr

jika guru paham situasi dan kondisi anak didik menyajikan materi dg menarik anak akan tertarikpembelajaran menjadi unik....heheh....

07 Apr
Balas

Betul sekali bu..paradigma pendidikan sedang berubah..ayo kitarubah mindset juga he..he., salam

07 Apr



search

New Post