Eko Adri Wahyudiono

Saya hanyalah seorang guru biasa. Jika bukan pengajar pastilah pendidik dalam tugasnya. Bisa jadi adalah keduanya. Namun, jika bukan keduanyapun, saya pastilah ...

Selengkapnya
Navigasi Web
MISOSHIRU

MISOSHIRU

" Masak,mau beli makanan saja kok,..maaf..,harus mengumpat dulu ??." 😄

Itu adalah kalimat yang disampaikan temanku, ibu Limyana, yang liburan bulan lalu berkunjung ke Umeda,Osaka,Jepang. Beliau melakukan perjalanan ke negeri Matahari terbit itu untuk mengunjungi anaknya yang kuliah di salah satu Universitas di Jepang dengan program beasiswa dari perusahannya di Jakarta,Indonesia yang sekaligus juga menengok cucu pertamanya yang lahir di Jepang.

Karena baru pertama ke Jepang,beliau sering berkomunikasi denganku apabila ada kendala selama kunjungannya di sana. Memang ada banyak masalah sih,namun semua bisa teratasi yang muara permasahannya hanya pada kesalahpahaman dikarenakan gap bahasa dan budaya dua negara yang berbeda.

Nah,senyampang,beliau ada di sana,maka aku sempatkan untuk nitip membawakan pulang makanan khas kesukaanku,yaitu MISO SHIRU ( misou Soup) seharga 250 Yen,yang kurang lebih 45 ribu Rupiah bila dikurskan dengan mata uang kita.

Berhari hari,ternyata belum juga dibelikan, dan akhirnya aku tanyakan,ada masalah apa?. Owallah...ternyata penjelasan beliau membuatku tertawa terpingkal pingkal. 🤣. ya ammpuunn,..gini kok bisa nyampek Jepang ,kataku dalam hati.

Ternyata, beliau tidak berani pergi ke Supermarket untuk beli titipanku karena barang itu namanya Miso Shiru yang dikiranya,..aku sedang mengerjain dia di Jepang.

" Enggak aah,.pokoknya sekali enggak ya enggak mau..!. Tegas beliau.

"..Lho,kenapa ?!.". Jawabku heran.

"Kamu pasti ngerjain aku ya,.masak aku beli titipanmu, terus aku mengumpat ( Misuh) di situ..malu aah..!. Jawabnya lagi beralasan.

" Ha.ha..bu,namanya memang MISO SHIRU,.itu bukan mengumpat..hadeeh,.orang Jepang mana tahu pisuhan ( umpatan) kita..!. Jelasku pada beliau.

Setelah aku jelaskan, secara detil, barulah beliau paham,karena semenjak masih bujang, aku selalu usil pada beliau. Habis wajahnya unyu unyu alias baby face. Rasanya hatiku nyaman jika bisa ngerjain beliau.

Begini, jika anda mau makan di restoran di Jepang seperti apapun, pasti misoshiru atau sop miso akan jadi sajian wajib setiap menu makanan. Memang dari rasanya dapat sedikit berbeda satu sama lain karena setiap daerah menggunakan bahan yang berbeda.

Apa sih Misoshiru itu?

Miso terbuat dari kacang kedelai, beras maupun biji-bijian seperti gandum yang difermentasi dengan menambahkan garam dan ragi "koji" yang dikembang biakkan dari fungi/jamur yang bernama "kojikabi".

Sebagai sesama bahan hasil fermentasi seperti natto ( tempe kedelai khas Jepang) dan kecap asin shoyu. Misoshiru sejak zaman dahulu digunakan sebagai bahan masakan yang bisa diawetkan. Jika merasakan adonannya secara langsung, awalnya pasti akan terasa sangat asin. Akan tetapi, lama kelamaan rasa manis dari biji-bijian juga dapat terasa di lidah. Di Jaman sekarang, misoshiru dijual di supermarket dengan kemasan gelas atau kantong plastik, tapi banyak juga keluarga yang membuat misoshiru mereka sendiri di rumah. Semenjak masakan Jepang dikenal di seluruh dunia, makanan ini secara otomatis juga dijual ke seluruh dunia internasional pula

Jenis miso bisa dibedakan berdasarkan bahan utamanya, seperti miso beras, miso kedelai, dan miso gandum. Ada pula gabungan beberapa bahan yang disebut sebagai miso campuran. Miso bisa juga dibedakan berdasarkan rasa, seperti miso asin, miso manis, dan miso pedas. Ada juga yang berbeda warna karena perbedaan waktu fermentasi, seperti miso merah, miso bening, dan miso putih. Namun harus tetap hati hati,karena ada misoshiru yang dicampur alkohol. Jadi untuk muslim selalu memastikan bahwa Misoshiru yang dikonsumsi haruslah halal tanpa alkohol tadi. Lihat saja di labelnya. Jangan malas membaca komposisinya ya.

Terimakasih,bu Limyana,

Misoshiru sudah ada di meja hidangan saya,tinggal buka sachect, masukkan ke Cawan, tuang air panas,diberi potongan tahu kecil kecil, diaduk..beres dah, tinggal dimakan dengan satu piring nasi.

Itadakimasu (Selamat makan)

Ngawi 16012020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Itadakimasu Miso Shiru Pak Eko..heheh..jadi.penasaran sama rasanya

18 Jan
Balas

itadakimasu..., ayo ke Jepang

21 Jan

Hmmm.... Jadi pengen nyobain hehe

21 Jan
Balas

swesr..uenak..dan ini pengganti sayur..disukai anak anak juga

22 Jan

Wow, makanan Jepang yah Pak. Sukses selalu dan barakallahu fiik.

17 Jan
Balas

kesukaanku bu,murah meriah,..itu menu wajib dulu saat saya kuliah di Jepang

18 Jan

Mantap ada pelajaran baru lagi misuh misuh, tapi bukan mengumpat. Sehat selslu

18 Jan
Balas

ha.ha..nggak mengumpat lho,..cmn jika harga di sini mahal tdk wajar..yo jd mengumpat sehabis makan..he.he..

21 Jan

Mantap pak, byk negara yg dikunjungi. Byk pula budaya yg dipelajari dan akhirnya menambah kecintaan pd Indonesia

17 Jan
Balas

alhamdulillah,memang demikian bu,..semangat nasionalisme saya selalu terpupuk..trumakasih ya

18 Jan

Ow... Salut dah. Hebat tenan

17 Jan
Balas

terimakasih,ya..

18 Jan

Ha benar tak kiro misui riko waduh alhamdulillah dah nyampek paketnya yaa pak, selamat menikmati misui soup nya yaa pak eko Adri wahyudiono memang gokil....

18 Jan
Balas

alhamdulillah,..trimakasih banyak..akhirnya saya menikmati..jg jadi cerita deehh...

18 Jan



search

New Post