Eko Adri Wahyudiono

Saya hanyalah seorang guru biasa. Jika bukan pengajar pastilah pendidik dalam tugasnya. Bisa jadi adalah keduanya. Namun, jika bukan keduanyapun, saya pastilah ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Internet Pendidikan, Oase di Gurun Literasi Negeri

Internet Pendidikan, Oase di Gurun Literasi Negeri

#InternetPendidikan #Media Guru #Indosat

Internet Pendidikan, Oase di Gurun Literasi Negeri

Disaat kita memasuki Era Revolusi Industri 3.0 , yaitu diciptakannya Komputer dengan sarana pendukungnya termasuk aplikasi hardware (perangkat keras) maupun softwarenya (perangkat lunak). Ingatan saya kembali di masa lalu saat menyelesaikan program S1 dan harus membuat laporan serta merampungkan skripsi saya dengan mengandalkan mesin ketik yang sangat kuno di sekitar tahun 1990 an awal.

Saat Komputer meja dengan layar lebar dan berukuran besar diciptakan, saya segera mengikuti perubahan zaman dari mesin ketik ke komputerisasi dalam pekerjaan saya sebagai guru. Saya masih ingat betul, saat itu teman teman guru membeli sepeda motor baru, justru saya membeli seperangkat Komputer dan printer dot-matrix (printer yang biasa dipakai di warnet). Hal itu saya lakukan karena sebagai guru, saya harus bergerak cepat serta menyesuaikan diri dengan perubahan zaman untuk membantu dalam menyampaikan materi pelajaran pada anak didik saya. Saat rekan rekan guru mengetahui hal itu, mereka mentertawakan saya karena mereka menganggap bahwa membeli Komputer adalah menyia nyiakan uang.

Akhirnya, dengan memiliki Komputer di rumah, saya menjadi rajin dalam membuat buku pelajaran Bahasa Inggris untuk tingkat SD dan SMP dan berkat itu semua, yaitu mempunyai kemampuan di bidang Komputer dan pernah membuat buku Pelajaran yang diterbitkan serta digunakan siswa, juga mampu berbahasa Inggris, membuatku lolos untuk mendapat beasiswa studi lanjut di Fakultas Pendidikan di Universitas Nagasaki, Jepang pada awal tahun 1998.

Bagaimana dengan saat ini ?, yaitu para anak didik saya sudah memasuki Revolusi Industri 4.0 ? apakah SDM (Sumber daya manusia) generasi penerus ini sudah siap menghadapi perubahan yang sangat cepat ini ?, terutama yang dipelosok terpencil ?. Perlu untuk diketahui, bahwa Revolusi Industri 4.0 ini, sudah bukan membahas Komputer lagi, tetapi menitik beratkan adanya jaringan yang menghubungkan seluruh dunia dengan cepat melalui Internet (Interconnected Network) dan ini bersifat Global, bahkan batasan Negara sudah tidak ada atau borderless. Sungguh internet suatu akses yang cepat dalam penyampaian suatu informasi ke seluruh penjuru dunia. Bahkan Menteri Pendidikan kita, Bapak Nadiem Makarim selalu menegaskan untuk kita agar siap melakukan perubahan dalam dunia pendidikan, dan juga menuntut bapak ibu guru untuk merdeka berkreasi dan berinovasi dalam pengajarannya dengan memanfaatkan tehnologi informasi untuk mendapatkan akses materi pembelajaran dan mengembangkan jiwa kewirausahaan melalui Internet. Sungguh luar biasa Bapak Menteri Pendidikan kita ini. Masih muda, tapi misi dan visinya demi Pendidikan Indonesia, sangatlah tinggi dan perlu diapresiasi.

Saya merasa terbantu sekali terutama saat bertugas di daerah bencana maupun kunjungan ke daerah terpencil. Ada suatu kegiatan yang dulu saya lakukan untuk membangun kegemaran membaca dan mendapat akses pengetahuan dan pendidikan serta informasi yang cepat agar merata di seluruh anah air bagi anak didik di seluruh Nusantara, yaitu dengan cara meminta pada setiap murid di Sekolah saya yang berjumlah1000 siswa untuk mengumpulkan buku buku pelajaran bekas dengan bidang studi apa saja untuk dikumpulkan dan dipaketkan ke beberapa di daerah terpencil di Sumatera, Kalimantan , Sulawesi, dan Indonesia Timur. Biaya untuk pengiriman sangatlah besar. Untuk mengirim 1 kardus buku bekas seberat 30 Kg ke Sulawesi Tengah, biayanya adalah Rp. 600.000 ( Enam ratus ribu rupiah), dan itu saya bayar dari kantong sendiri, namun demi melihat wajah anak anak yang menunggu buku itu, rasanya hal itu menjadi tetap murah.

Alhamdulillah, saat ini, dengan adanya kemudahan layanan berinternet melalui Gawai berupa handphone, smartphone dan notebook, para guru dan siswa bisa saling berkolaborasi dalam mendapatkan layanan akses pendidikan dikarenakan begitu cepatnya Jaringan koneksi internet di seluruh pelosok tanah air Indonesia. Mereka bisa mengunggah ataupun mengunduh materi pelajaran setiap saat mereka inginkan. Mereka bisa saling memanfaatkan internet untuk pembelajaran dunia usaha terutama untuk siswa SMK, bagaimana cara berjualan online, bagaimana cara menawarkan produk dan gencar melakukan promosi online juga.

Terlepas dari itu semua, guru harus tetap selalu memberikan pengajaran bahwa Internet haruslah digunakan untuk hal hal yang positif. Hindari penyebaran berita yang bersifat Hoax dan Pornografi sejak dini pada seluruh murid di semua tingkatan di Sekolah Sekolah. Terlebih saat ini, Pemerintah juga gencarnya memerangi konten konten yang berbahaya bagi generasi muda dengan memasang Firewall yaitu aplikasi software untuk mencegah situs situs yang tidak diinginkan seperti Radikalisme, Komunisme dan Pornografi menyebar pada generasi muda di Indonesia.

Tahun terakhir ini, begitu banyak buku buku bekas di gudang rumahku, dan tidak jadi saya kirim ke penjuru tanah air karena mereka sudah tidak membutuhkan lagi di sana karena mereka semua sudah bisa mengakses informasi dan materi pelajaran melalui internet di Gadget atau Gawai kapan saja dan dimana saja.

Terimakasih Indosat !: Internet Pendidikan, Oase di Gurun Literasi Internet !

Salam Literasi

#InternetPendidikan #MediaGuru #Indosat

Tol Langit, 25012020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Oase....hauuuus

26 Jan
Balas

he.he..monggo,bu IN ..

26 Jan

Saya Bu Riful bukan Bu IN...wkwkwk

26 Jan

Sebuah keikhlasan yang akhirnya membukakan pintu rizqi yang lainnya. Selamat Pak Eko Adri Wahyudiono, Panjenengan memang layak untuk mendapatkannya. Salam Hormat.

30 Jan
Balas

Waduuh,..bu crysna,..berlebihan tuh..guru biasa saja kok,..njenengan yg hebat,srring dengar nama anda..salut deh..salam hormat juga..

30 Jan

Keren dan inspiratif ya .tulisam

26 Jan
Balas

Trimakasih bu..mohon krisannya jika berkenansalam

26 Jan

Luar biasa, benarbenar dapat oase kalau baca tulisan Pak Eko

27 Jan
Balas

alhamdulillah..trimakasih oasenya jg utk saya bu..

30 Jan

Mantul Pak. Semoga menginspirasi para pengguna intetnet.

25 Jan
Balas

Trimakasih pak,.dpt inspirasi setelah menyepi dari artikel bapak..

25 Jan

Tulisan yang keren. Terntaya Bapak seumuran dengan saya. Saat skripsi, saya juga masih menggunakan mesin ketik. Alhamdulillah, pertengahan 1990 lulus S1.

25 Jan
Balas

waah..sama dong,..waah kita kita generasi pertengahan 2.0 .terus masuk 3.0 .dan skrg lompatan ke 4.0..wow..keren deh..

25 Jan

Kereen Pa, terima kasih telah menginspirasi...

25 Jan
Balas

Trimakasih atas apresiasinya bu,..salam..

25 Jan

Bagus tulisannya, semoga berhasil

25 Jan
Balas

Hanya meramaikan saja bu...gak ikutan lombanya kok..

25 Jan

Mantap pak..

25 Jan
Balas

Trimakasih bu Erza..

26 Jan

Sangat menginspirasi pak.

25 Jan
Balas

Trimakasih bu..apresiasinya..

25 Jan

Luaar biasa pak.Mantap...!!S1 tahun 1998Saya baru tamat SD..hahaaTetapi bapak saya mengajarkan ngetik pakai mesin tik manual waktu itu..

25 Jan
Balas

ha.ha.waah..beneran tuh? bpknya guru mengetik,ya? ..msh SD?

25 Jan

Bukan guru ketik..Tapi beliau sering menggunakan mesin tik, buat laporan. Jadi saya sekali sekali diajarin ngetik.Iyaaa....mau tamat SD mksdnya.Jadi memang buta informasi

25 Jan

It's really a best Practice. Nothing to say but great.

25 Jan
Balas

that is too much,my friend..I am still the beginner..anyway ,thanks

25 Jan

I agree with Mr. Kaboel, you are the winner, Sir. Please, don't forget to share with me the prizes, Sir :)

25 Jan
Balas

ha.ha..no problem at all..I will send Tshirt from Japan for you and Mr.Kaboel if I were..

25 Jan

So there's no other way that you have to win this time, Sir

26 Jan

all are, depend, on the judge,mam..I just participate..no target be the winner or not..anyway,thank for the support..

26 Jan

Keren tulisannya pak, semoga menang...

25 Jan
Balas

Menang bukan tujuan saya ikut lomba ini,..hanya meramaikan saja nih..

25 Jan

Ini mah juaranya

25 Jan
Balas

lhadallah..kok bisa tuuh..ada ada aja..

25 Jan

Selalu mantul ulasannya. Menginspirasi dan memotivasi penyampaiannya. Lanjuuut!

25 Jan
Balas

trimakasih,bu..hanya,berbagi pengalaman saja kok..gak lebih gak kurang..

25 Jan

Pak Guru memang top.. Ada bnyk pepatah yg menggambarkan semua ulasan Bapak, & semuanya keren..Dan saya salah satu yg masih harus terus belajar & belajar..

25 Jan
Balas

Saya juga masih harus belajar bu,.dari anda juga teman di group gurusiana ini..mohon bimbingannya selalu,bu..

25 Jan

Luar biasa pak ....salam Literasi ...saya masih harus banyak belajar

25 Jan
Balas

salam literasi juga bu..saya juga lho..sama sama belajar nih..

25 Jan

The best...

25 Jan
Balas

aah,..then are you.. .

25 Jan

Luar biasa....menginspirasi Pak...

25 Jan
Balas

Trimakasih,apresiasinya..salam

25 Jan



search

New Post