Eko Adri Wahyudiono

Saya hanyalah seorang guru biasa. Jika bukan pengajar pastilah pendidik dalam tugasnya. Bisa jadi adalah keduanya. Namun, jika bukan keduanyapun, saya pastilah ...

Selengkapnya
Navigasi Web
FREMANTLE, PERTH, AUSTRALIA   I am Kang Guru,..not Kangaroo..!

FREMANTLE, PERTH, AUSTRALIA I am Kang Guru,..not Kangaroo..!

"I am Kang Guru,..not Kangaroo..!!".

Itu adalah kalimat yang aku ulangi dan tegaskan lagi dalam logat bahasa Inggris Australian (Kombinasi dari aksen Bahasa Inggrisnya Amerika dan Inggris/British) di presentasi yang aku sampaikan dan itu adalah giliranku, di kelas Internasional ESL-English for Second Language- di kampus 2 Phoenix Academy di kota Fremantle yang bisa ditempuh sekitar 40 menit dengan mobil. Sedangkan,kampus utama dari Phoenix Academy berada di Vincent St., Perth City. Kampus ini adalah pusat pembelajaran bahasa Inggris untuk guru,non guru atau siapapun dari seluruh dunia. Di sini diajarkan TEFL- Teaching English as Foreign Language ( Mengajarkan Bahasa Inggris untuk Bahasa Asing seperti Untuk negara Indonesia,Jepang, Vietnam, Thailand, dll). Ada juga TESL, tadi. Untuk mengajarkan bahasa Inggris sebagai bahasa Kedua dalam kehidupan sehari hari. Negara yang menggunakan TESL. adalah Singapura,Malaysia,Philipina, India dll. Sebetulnya masih ada lagi yaitu TESOL- Teaching English as Second Ordinary Language,..biasanya ini negara negara di Eropa pada umumnya.

Dalam presentasiku yang membahas negaraku, Indonesia, banyak aspek yang aku sampaikan di kelas Internasional tersebut. Ada banyak mahasiswa yang dari Eropa, China,Korea,Thailand juga dari Mongolia dan Jepang. Nah .Saat aku membahas istilah sebutan untuk guru di Indonesia dan negara lain sebagai pembanding saja. Misal Sensei untuk guru di Jepang. Suhu itu untuk guru silat, Ndoro ( Panggilan murid pada guru di Jaman penjajahan Belanda, tertutama murid SD),. Ustad, guru yang mengajarkan agama,.. bandingkan dengan Meneer,untuk guru laki laki, sedangkan guru bujangan perempuan disebut Juffrouw, yang sudah menikah dipanggil Mevrouw dalam bahasa Belanda.

Waah,..ruwet khan dilidah?..Nah,saat aku bilang panggilan,untuk guru laki laki di Indonesia adalah KANG GURU., Spontan seisi kelas tertawa terbahak bahak.,termasuk dosenku Mr. Xavier. Mungkin mereka membayangkan hewan asli Australia yaitu Kangguru yang meloncat loncat..dan saat ini, mungkin, mereka membayangkan, aku adalah seekor Kangguru yang sedang memberikan presentasi di kelas. Waduuh,..Materi ini tidak aku antisipasi sebelumnya, jadi banyak teman mahasiswa dari seluruh dunia yang terduduk di lantai karena tidak bisa menahan tertawa.

Setelah beberapa saat, suasana kelas agak mereda, aku berkata : " I am Kang Guru,..not Kangaroo..!!". ( Saya Guru laki laki,..bukan hewan Kangguru.)

Untuk lebih jelasnya, aku akhirnya menuliskan kalimat dan ejaannya dengan menggunakan white board di kelas, disamping jg LCD, dan media Powerpoint. Hadeeh..Ampun banget,..jadi tidak terlihat keren deh saat itu.

Oh iya,.Hewan Kangguru memang asli dari Australia, bahkan dipakai sebagai simbol negara Australia. Hewan menyusui yang punya kantong di perutnya ini, lebih sering meloncat dengan kaki belakangnya yang kokoh daripada berjalan. Ukurannya yang sebesar kambing tapi berdiri dengan 2 kaki tadi. Hewan ini tersebar di seluruh daratan Australia. Konon, Saat Kapten James Cook mendarat di Benua Australia,.beliau segera membuat catatan nama nama hewan maupun tumbuhan yang ada di Australia dengan bertanya pada suku asli yang menghuni,.yaitu suku atau ras Aborigin yang masih ada sampai dengan sekarang. Dengan di dampingi juru tulis, James Cook menunjuk setiap tumbuhan dan hewan,termasuk koala, kiwi , wombat dan lain lain. Nah,pada saat menunjuk hewan yang jalannya meloncat loncat itu Kapten James Cook penasaran, Bertanyalah dia pada beberapa orang aborigin yang diajaknya.

"Itu hewan apa namanya..?. Tanya James Cook.

Tak satupun orang aborigin yang diajak tadi menjawab, mereka hanya saling pandang satu sama lain. Tiba tiba ,ada satu aborigin yang paling tua maju dan menjawab,: ".Kangaroo..!". Tanpa ekspresi.

Kapten Cook langsung memerintahkan juru tulis untuk mencatatnya,karena dia akan melaporkan ekspedisinya pada Ratu Inggris dengan segera.

Nah,.setelah hewan itu disebut Kangaroo sampai dengan sekarang,.ternyata itu adalah kesalahan yang dilakukan oleh orang seluruh dunia. Bahwa arti Kangaroo yg disampaikan oleh bangsa aborigin dari suku yang berbeda dulu itu tuh,.arti Kangaroo itu yang sebenarnya adalah AKU TIDAK TAHU..,ternyata orang Aborigin itu juga tidak tahu namanya. 😄

Ya, sudah,akhirnya kita ikut ikutan salah juga khan..Jika anda tidak percaya dengan ceritaku, ya sebaiknya percaya saja daah, daripada pusing sendiri. Ingat..!, Saya adalah Kang Guru ,Lhoh..,bukan Kangaroo !! ⚘✌😄🤣

Fremantle 17012020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantep Kang.Jadi iriiiii

18 Jan
Balas

ha.ha..jangan ngiri bu,..nganan saja..anda ini,bisa aja aah..

18 Jan

Kang Guru kalo gurunya lakilaki..kalo gurunya perempuan disebut apa ya hejhe

18 Jan
Balas

mbak guru..

21 Jan

Begitu toh sejarah Kangaroo ....

19 Jan
Balas

ha.ha..ssst,..sudah percaya aja deehh...

21 Jan

Mantaap pak

22 Jan
Balas

thank you,..

22 Jan

Ajari saya dong belajar bahasa inggris

19 Jan
Balas

ayo,je australia..

21 Jan

Keren pak

19 Jan
Balas

trimkasih bu..

22 Jan

Kang Guru luarr biasaa

19 Jan
Balas

ha.ha..biasa ajalah..yg hebat muridnya

22 Jan

Hehehe ada ada saja kang kanjeng Sinuhun guru....

18 Jan
Balas

ha.ha..lhah..mau cerita materi,malah mumet sendiri saya ini..

18 Jan

Hehehe ada ada saja kang kanjeng Sinuhun guru....

18 Jan
Balas

Judulnya pas bangetsss

19 Jan
Balas

ha.ha.trimakasih, bu

21 Jan

Saya telat baca posting an artikel jenengan ini. TOP, master

28 Jan
Balas

Luar biasaaaa... btw legenda Kangurunya serius nggak nee...

19 Jan
Balas

lha..teman temanku selalu bingung,aku ini serius pa nggak gitu..

21 Jan



search

New Post