Eko Adri Wahyudiono

Saya hanyalah seorang guru biasa. Jika bukan pengajar pastilah pendidik dalam tugasnya. Bisa jadi adalah keduanya. Namun, jika bukan keduanyapun, saya pastilah ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bedanya BASED ON TRUE STORY dan INSPIRED BY TRUE STORY
Selfdesigned by Canva

Bedanya BASED ON TRUE STORY dan INSPIRED BY TRUE STORY

 

Pernah kah Anda mencermati setiap menonton film, sinetron atau membaca novel, cerpen dan cerber?  Terkadang kita akan menemukan tulisan Based on True Story (Berdasarkan kisah nyata) atau Inspired by True Story (Terinspirasi dari kisah nyata). Itu artinya, kisah dalam cerita, baik dalam film atau buku cerita itu akan didasarkan pada kedua hal tersebut.

Jika kita ingat film tentang Titanic, Anda bisa menebak, bahwa itu pasti lah Inspired by True Story. Memang cerita akan proses tenggelam itu ada dalam sejarah kehidupan manusia, namun kisah pemeran utama Jack yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio dan Rose, oleh Kate Winslet dalam film itu hanyalah imajinasi dari penulis naskah yang dikembangkan oleh sutradara.

Konflik para tokoh yang dibangun dalam film itu tidak lah ada. Semua itu hanya untuk mendramatisasi konflik jalannya cerita. Sedangkan, bagaimana kapal itu menabrak gunung es (Iceberg) sampai pecah dan tenggelam, semua itu digambarkan secara nyata karena memang benar adanya.

Coba saja tengok film tanah air, “Serangan Fajar”. Film yang berkisah tentang perebutan kota Yogyakarta selama 6 jam oleh tentara Indonesia pada saat agresi militer Belanda, aksi yang untuk membuktikan pada dunia bahwa Pemerintah Indonesia sudah ada dan berdaulat. Serangan ke kota Yogyakarta yang diinisiasi oleh Sultan Hamengku Buwana IX, dan dijalankan oleh Letkol. Soeharto, yang diperankan aktor senior Kaharrudin Syah menjadikan sebuah film heroik yang apik.

Nah, dalam film itu ada tokoh anak kecil yang bernama Temon  (Dani Marsuni) dan tinggal bersama neneknya, Suparmi sebagai tokoh dalam film itu. Artinya, film itu juga dimasukkan dalam cerita “Inspired by True Story”.

Bagaimana dengan Based On True Story?

Pada kasus cerita yang berdasarkan kisah nyata, para penulis cerita dan pembuat naskah film, tidak boleh keluar dari jalan cerita, tempat, nama tokoh, konflik, kejadian, waktu dan lainnya. Satu cerita yang Based on True Story adalah Film bergenre musik. Lihat saja film Bohemian Rhapsody. Film yang berkisah penyanyi legendaris group musik QUEEN, yaitu Freddy Mercury.

Juga, jika Anda suka genre perang, Tonton saja BAND OF BROTHERS. Semua digarap persis sama dengan peristiwa yang telah terjadi pada saat perebutan negara Eropa oleh sekutu pada perang dunia kedua. Penulis tidak bisa sesuka hati membuatnya menjadi happy ending atau sad ending. Ending cerita harus digambarkan sesuai dengan fakta yang ada dalam perang itu.

Oleh karena itu, dalam menuangkan cerita yang berdasarkan kisah nyata, penulis harus menggali data dari para nara sumber yang nyata, tokoh pelaku, dokumen yang mendukung dan dibandingkan juga dari sisi pelaku lain yang juga hadir dalam peristiwa itu. Sangatlah fatal apabila cerita itu tidak sesuai data. Apalagi jika kisah itu mengandung unsur sejarah,  akan membahayakan keabsahan isi cerita atau jalannya sejarah. 

Rasanya sungguh nyaman sebagai penulis bila membuat cerita fiksi yang berdasarkan imajinasi. Kita mau membuatnya berakhir dengan happy ending atau sad ending, juga karakter para tokohnya serta setting tempatnya, itu semua terserah kita. Konflik juga kita bisa rangkai sendiri suka-suka.

Sebagai penulis, Anda tinggal memilih dalam membuat cerita. Yang pertama membuat cerita dan mengalir seperti jalannya kehidupan ini atau membuat kehidupan ini berjalan seperti dalam cerita fiksi? Yang pasti, hal akan berbeda hanya pada ending ceritanya saja nanti.

Salam

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih ilmunya

31 Jul
Balas

Thanks a lot, Pak ulasannya mantap

30 Jul
Balas

Luar biasa

29 Jul
Balas

Ulasan yang menginspirasi. Intinya ada kisah nyata dan terinspirasi dari kisah nyata. Kisah nyata tak boleh menyimpang apalagi yang berbau sejarah. Sangat menarik Pak Eko. Salam

29 Jul
Balas

Ulasan yang sangat keren, Pak. Saya lebih suka full imajinatif. Lebih bebas mereka-reka tokohnya. Sesekali terbit juga tulisan yang terinspirasi dari kisah nyata. Inti ceritanya saja yang saya ambil, selebihnya hasil rekayasa imajinasi. Jika minim ide, sesekali saya menulis juga cerita faktual, terutama cerita tentang Kakang, cucu saya.

31 Jul
Balas

Selalu hadir ulasan nan apik. Saluut. Sehat dan sukses selalu Bapak

31 Jul
Balas

Jadi penulis juga perlu riset meskipun karya fiksi. Matur suwun pencerahannya.

11 Sep
Balas

Pilih keduanya biar seimbang... kadang berpikir keras untuk yang riil... kadang menjelajah dunia fantasi....pasti keren...tidak pincang.. haha... artikel yang bisa untuk menilai seseorang... salam keren... sekeren penulisnya..haha

29 Jul
Balas

Betul sekali Pak Eko, perlu belajar lebih detail untuk membuat cerita spt ini, keren paten pokoknya..

29 Jul
Balas

Terima kasih ulasannya, Pak Eko. Sangat bermanfaat. Salam sukses selalu.

31 Jul
Balas

ulasan yang keren Pak Eko

29 Jul
Balas

Ternyata, luar biasa

07 Dec
Balas

Kalau saya suka menulis fiksi saja. Lebih hidup ceritanya dan konfliknya juga menarik.Ulasannya keren nih...selalu the best deh...

29 Jul
Balas

Mantap nian ulasannya pak. Terima kasih. Semoga sehat selalu. Salam

29 Jul
Balas

Wah keten pak, kalau saya sih senang menulis fiksi saja. Bebas mau bagaimana mensetting jalan ceritanya.

29 Jul
Balas

Keren pak ulasannya...

30 Jul
Balas

Cocok idenya. Suka-suka kita mau memilih yg mana ya, Pak. Salam sehat dan semangat.

01 Aug
Balas

Salut sama Pak Eko yang apresiatif, kaya tontonan kaya bacaan...literat sejati. Saya pernahbmengajarkan kepada siswa bahwa karya sastra fiksi ada yang realitas objektif seperti cerita sejarah, ada yangvrealitas imajinatif seperti Malin Kundang Ibunya Durhaka. Kita beda istilah ya Pak Eko. Pak Eko memang Oke.Salam literasi Pak Eko.

29 Jul
Balas

Keren menewen ulasannya mantap. Pokoknya the best deh. Salam sehat.

29 Jul
Balas

Terima kasih Pak Eko...tulisannya selalu menginspirasi dunia. Sehat selalu.ya Pak

29 Jul
Balas

Mantap ulasannya Pak.. kepengen jadi penulis tapi idenya sering mampet Pak.

29 Jul
Balas

Mantulll ulasannya pak

31 Jul
Balas

Milih inspiring saja bisa bebas berimajinasi

29 Jul
Balas

Kerem Pak Adri ulasannya, pd prinsipnya sy suka fiksi ttp ada jg tulisan sy yg terinspirasi dr kisah nyata n diimajinasikan.Sehat n sukses sll nggih Pak

29 Jul
Balas

Mks pada tayangannya pak, keren selalu, sukses untuk pak eko, duduk terus pada posisi artikel populer bulanan, mantap, patut di tiru semangatnya,

30 Jul
Balas

Terima kasih. Menambah wawasan saya tentang true story dan inspired by true story. Salam sehat dan sukses. Barakallahu fiikum.

29 Jul
Balas

Keren ulasannya. Tambah lagi ilmu saya. Trima kasih pak Eko

29 Jul
Balas

Iya pak Eko. Terima kasih atas masukannya. Salam literasi.

29 Jul
Balas

Tulisan keren yang memuat ilmu bagi para penulis, terutama buat saya yang baru belajar menulis. Terimakasih Pak, satu hal yang istimewa, saat membaca artikel Bapak, irama lagu Bohemian Rhapsody jadi bersenandung di kepala saya. Keren....

29 Jul
Balas

Senang sekali mendapat ulasan yang clear seperti ini. Terima kasih Pak Eko telah menghadirkan wawasan yang komplit. Salam sehat Pak.

30 Jul
Balas



search

New Post